1,57 Juta Ha Kebun Sawit RI Miliki Sertifikat RSPO

Jakarta - Luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia yang telah mengantongi sertifikat berkelanjutan lestari versi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) mencapai 1,57 juta hektare (ha) per Agustus 2016. Dari total luas lahan tersebut, hanya 1,25 juta ha di antaranya yang merupakan lahan produksi, sisa luasan lainnya baru berupa areal bernilai konservasi tinggi (HCV) atau area lain.

Manajer Komunikasi RSPO di Indonesia Dhiny Nedyasari mengungkapkan, total minyak sawit mentah (crude palm oil/ CPO) produksi Indonesia yang bersertifikat RSPO (certified sustainable palm oil/CSPO) per Agustus 2016 mencapai 6,49 juta ton. Sedangkan minyak kernel produksi Indonesi bersertifikat RSPO (certified sustainable palm kernel/CSPK) per Agustus 2016 mencapai 1,46 juta ton. Saat ini, anggota RSPO yang terdaftar di Indonesia tercatat 116 yang terdiri dari berbagai tipe organisasi. Sedangkan jumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Indonesia yang sudah bersertifikat RSPO mencapai 153 unit yang dimiliki oleh 33 grup perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. “Total lahan sawit yang mengantongi sertifikat RSPO mencapai 1,57 juta ha,” kata dia di Jakarta, Rabu (14/9).

Seperti diketahui, untuk memperoleh sertifikat RSPO harus melalui sejumlah tahapan audit dengan indikator major dan minor. Indikator itu merupakan prinsip dan kriteria yang harus dipenuhi secara patuh. Jika terdapat ketidakpatuhan terhadap indikator RSPO yang major, kemungkinan potensi mendapat sertifikat itu menjadi sulit. Pada buku P&C RSPO ditandai dengan kode M.

Dhiny juga mengatakan, per Agustus 2016, petani Indonesia yang sudah mengantongi sertifikat RSPO mencapai 86.982 orang. Sebanyak 83.551 di antaranya adalah petani plasma, sedangkan 3.431 lainnya merupakan petani swadaya. Jumlah tandan buah segar (TBS) produksi petani kelapa sawit Indonesia yang sudah tersertifikasi RSPO per Agustus 2016 tercatat sebanyak 3,28 juta ton.

Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/385779-157-juta-ha-kebun-sawit-ri-miliki-sertifikat-rspo.html





sawindo_kencana.png

anugerah.pngFlag Counterbuana.png




  • Barito
  • PT. Sawindo Kencana
  • PT. Hindoli (Cargill)
  • PT. Anugerah Energitama
  • PT. Bintang Harapan Desa
  • PT. Buana Karya Bhakti
Top
  • Follows us our servcies