LAYANAN CSR (2015)


PANDUAN TEKNIS PROGRAM 
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN BIDANG PENDIDIKAN
Bekerjasama Dengan
POLITEKNIK KELAPA SAWIT CITRA WIDYA EDUKASI
 
 
A. LATAR BELAKANG
Corporate Social Responsibility muncul sebagai akibat adanya kenyataan bahwa pada dasarnya karakter alami dari setiap perusahaan adalah mencari keuntungan semaksimal mungkin tanpa memperdulikan kesejahteraan karyawan, masyarakat dan lingkungan alam sekitarnya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan kepekaan dari stakeholder perusahaan, maka konsep tanggung jawab sosial atau CSR ini muncul dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.
Corporate Social Responsibility merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya.
Saat ini kebanyakan perusahaan keliru didalam memahami arti dari program CSR yang sebenarnya. Ada asumsi jika perusahaan sudah memberikan sumbangan atau donasi kepada suatu institusi sosial berarti sudah melakukan tanggung jawab sosialnya sebagai sebuah perusahaan. Pemahaman ini memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi jika pemahaman seperti ini berhenti disitu saja, maka kondisi masyarakat tidak akan berubah dari kondisi semula, tetap miskin dan termarginalkan. Sementara kita ingin bahwa kehadiran perusahaan ditengah-tengah komunitas masyarakat membawa suatu dampak yang positip, diantaranya meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Demikian juga sebaliknya, keberadaan masyarakat di sekitar perusahaan diharapkan juga memberikan dampak positip bagi perusahaan, sehingga bisnis perusahaan akan semakin meningkat.
Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut maka sudah saatnya Program Corporate Social Responsibility diarahkan kepada program yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sekaligus juga bermanfaat didalam meningkatkan kinerja dari perusahaan. Sehingga setiap dana yang dikeluarkan dalam rangka implementasi program CSR tidak hanya untuk kepentingan masyarakat, tetapi kepentingan perusahaan juga bisa terpenuhi.
 
B. NAMA PROGRAM
Program ini dinamakan Program Corporate Social Responsibility Bidang Pendidikan Kerjasama dengan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi
 
C. TUJUAN
1. Membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan khususnya pada aspek pendidikan 
2. Menyiapkan calon tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian spesifik di bidang perkebunan, pabrik kelapa sawit serta manajemen logistik, sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang

D. SASARAN
Sasaran dari program ini terbagi kedalam 3 (tiga) bagian, yaitu :
1) Siswa/Siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) atau sederajat yang berada di sekitar lokasi perusahaan.
2) Putra/Putri karyawan perusahaan (Lulusan SMA)
3) Karyawan perusahaan (Lulusan SMA)
 
E. BENTUK PROGRAM
Bentuk dari program ini adalah pemberian Beasiswa kuliah di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dalam konsep Ikatan Dinas Perusahaan (Bentuk ikatan dinas secara detail diatur dalam aturan tersendiri).

F. MANFAAT
Manfaat program ini bagi masyarakat adalah : Terbantunya masyarakat didalam membiayai pendidikan putra putrinya ke jenjang perguruan tinggi serta meningkatkan kapasitas pendidikan masyarakat.
Sedangkan manfaat bagi perusahaan adalah :
1. Citra perusahaan ditengah masyarakat semakin meningkat
2. Perusahaan akan memiliki SDM yang handal spesifik di bidang kelapa sawit yang notabenenya putra daerah setempat.
3. Terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat di sekitar perusahaan.

G. KOMPETENSI LULUSAN POLITEKNIK KELAPA SAWIT CWE
Proyeksi lulusan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi adalah sebagai seorang ASISTEN (Prodi Budidaya dan Teknologi Pengolahan), serta Kepala Seksi/Kasie (Prodi Manajemen Logistik). Adapun kompetensi dari masing-masing Program Studi adalah sebagai berikut :
 
1. Program Studi Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit
Kompetensi Utama:
1. Mempunyai keahlian khusus mengenai teknik budidaya tanaman kelapa sawit secara keseluruhan, serta mampu melaksanakan dan mengorganisasikan seluruh pekerjaan di perkebunan kelapa sawit.
2. Memiliki tanggung jawab dan disiplin dalam memimpin dan mengelola seluruh sumberdaya manusia / karyawan di lapangan.
3. Memiliki kemampuan dalam aspek administrasi operasional perkebunan kelapa sawit .
4. Mampu mengembangkan teknologi pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berwawasan lingkungan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Kompetensi Pendukung:
1. Mampu melakukan evaluasi secara baik pada proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengontrolan pada setiap pekerjaan untuk menciptakan kualitas kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
2. Mampu berkomunikasi dengan setiap komponen di lingkungan perkebunan kelapa sawit dan menyelesaikan setiap permasalahan sosial yang terjadi didalamnya.
 
2. Program Studi Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit
Kompetensi Utama :
1. Menguasai teknik pengolahan, perawatan dan perbaikan mesin pabrik kelapa sawit, administrasi, dan kontrol kualitas produk Kelapa Sawit.
2. Mampu bekerja secara mandiri dan profesional dalam pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit melalui teknologi tepat guna yang berwawasan lingkungan sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.
3. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi pabrik kelapa sawit.
4. Mampu menganalisis persoalan teknis pabrik kelapa sawit dan mampu mengusulkan pemecahan masalah pabrik kelapa sawit.
 
Kompetensi Pendukung : 
1. Kemampuan merancang bangun tata letak mesin pabrik kelapa sawit.
2. Kemampuan pengembangan Standar Prosedur Operasional
3. Mampu membina hubungan sosial yang baik dengan masyarakat sekitar perkebunan
 
3. Program Studi Manajemen Logistik
Kompetensi utama :
1. Mampu mengelola sistem logistik perusahaan secara terintegrasi.
2. Mampu melakukan pengadaan bahan dan pengelolaan sistem pergudangan perusahaan.
3. Mampu menangani pekerjaan accounting dan keuangan perkebunan/pabrik kelapa sawit dan perusahaan lainnya.
4. Mampu mengelola administrasi di Industri pada umumnya dan perkebunan/pabrik kelapa sawit pada khususnya.

Kompetensi Pendukung :
1. Memiliki kemampuan dalam hal administrasi umum, pengupahan, dan juga penguasaan tentang undang-undang baik undang-undang perkebunan maupun undang undang ketenaga kerjaan.
2. Memahami sistem perencanaan produksi dan pengawasan inventory secara umum pada perusahaan.

H. TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM
Program ini terdiri atas beberapa tahapan, yaitu : Tahap sosialisasi, Tahap pendaftaran dan seleksi administratif, Tahap ujian tertulis, Tahap interview, Tahap pengumuman hasil akhir dan penandatanganan Kontrak Beasiswa Ikatan Dinas.
 
1. Tahap Sosialisasi
Pada tahap sosialisasi ini, pihak perusahaan wajib mensosialisasikan mengenai rencana rekrutmen Putra Daerah untuk diberikan beasiswa pendidikan di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dalam rangka CSR perusahaan kepada :
a. Para kepala desa/dusun/kampung/suku
b. Para karyawan perusahaan
c. Para kepala sekolah SMA yang berada di sekitar perusahaan
Bentuk sosialisasi ini bisa berupa surat edaran, informasi secara lisan dan lain-lain. Beberapa hal penting yang harus disosialisasikan adalah :
a. Syarat pendaftaran :
- Pria/Wanita usia maksimal 27 tahun
- Lulusan/belum lulus (kelas 3) SMA / MA / SMK atau yg sederajat, jurusan IPA/IPS/Kejuruan.
- Fotocopy rapor kelas 1 – 3 (dilegalisir) bagi yang belum lulus
- Fotocopy Ijazah (legalisir) bagi yang sudah lulus SMA pada tahun sebelumnya
- Fotocopy Akte kelahiran (1 lembar)
- Biodata diri lengkap
- Foto berwarna 4 x 6 (1 lembar)
b. Waktu, tempat dan tahapan pendaftaran
Waktu dan tempat pendaftaran harus disosialisasikan sekaligus dengan tahapan pendaftarannya. Untuk tempat pendaftaran bisa dibagi 2 (dua), untuk masyarakat sekitar dan karyawan langsung di kantor kebun/pabrik, sedangkan yang di sekolah bisa langsung kepada kepala sekolah atau guru yang ditunjuk oleh perusahaan.
 
2. Tahap Pendaftaran dan Seleksi Administratif
- Siswa datang langsung (tidak boleh diwakilkan) ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan.
- Siswa menyerahkan berkas persyaratan yang telah dimasukkan dalam amplop coklat besar.
- Petugas melakukan pemeriksaan terhadap seluruh berkas yang diserahkan oleh siswa.
- Jika terdapat siswa yang tidak lengkap berkasnya, maka petugas harus mengembalikan berkas tersebut untuk dilengkapi.
- Setelah tahap pendaftaran ditutup dan semua berkas sudah terkumpul, petugas yang ditunjuk dari perusahaan membuka berkas pendaftaran satu persatu
- Petugas membuat peringkat berdasarkan nilai rata-rata rapor siswa, mulai dari yang tertinggi sampai terendah
- Pihak perusahaan harus menentukan apakah siswa yang telah mendaftar akan ditest semua, atau hanya sebagian saja berdasarkan hasil peringkat nilai rapor (kriteria nilai minimum rapor ditentukan oleh perusahaan).
- Hasil seleksi administratif diatas kemudian diumumkan secara tertulis kepada masing-masing siswa, atau melalui pihak sekolah dan kantor kebun/pabrik.
- Pada saat mengumumkan hasil seleksi administratif, pihak perusahaan juga harus mengumumkan :
a) Jadwal Pelaksanaan Tes tertulis berikut lokasinya (Lokasi test sebaiknya dijadikan 1 lokasi)
b) Materi tes yang akan diujikan
- Pihak perusahaan menyampaikan kepada pihak Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi terkait jadwal pelaksanaan tes tertulis tersebut, berikut dengan jumlah peserta yang akan dites.
- Pihak perusahaan mengatur kedatangan tim dari Politeknik Kelapa Sawit CWE (1 orang).
 
3. Tahap Ujian Tertulis :
- Tes tertulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab tim Politeknik sampai dengan selesai.
- Materi yang diujikan meliputi : Tes Kemampuan Dasar (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Tes Kemampuan IPA (Fisika, Kimia, Biologi) dan Tes Kemampuan IPS (Ekonomi, Geografi dan Sejarah).
- Jumlah soal sebanyak 60 soal, dan waktu pengerjaan soal adalah 90 menit.
- Sebelum tes tertulis dimulai, akan diawali dengan Presentasi mengenai Politeknik Kelapa Sawit CWE selama 30 menit, dan sambutan dari pihak perusahaan.
- Setelah tes tertulis selesai, harus diumumkan bahwa hasil tes tertulis akan diumumkan keesokan harinya di lokasi test, sekaligus masing-masing siswa harus siap jika keesokan harinya dipanggil untuk mengikuti tahapan berikutnya, yaitu Interview.
- Siswa yang lulus Tes Tertulis, harus mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu Interview/Wawancara yang akan dilaksanakan pada hari itu juga, bertempat di lokasi tes tertulis.
 
4. Tahap interview :
- Bagi siswa yang dinyatakan lulus tes tertulis, wajib mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu Interview.
- Interview ini bisa dilakukan oleh Tim Politeknik, atau bisa juga dilakukan sendiri oleh pihak Perusahaan, atau oleh kedua-duanya, tergantung kesepakatan.
- Jika diserahkan kepada tim politeknik, maka Interview akan dilakukan sehari setelah tes tertulis. Tapi jika Interview dilakukan oleh pihak perusahaan, maka waktu pelaksanaannya ditentukan oleh perusahaan.
- Pada saat Interview yang paling penting adalah bagaimana menggali potensi siswa yang tidak bisa dijelaskan dengan nilai hasil test tertulis.
 
5. Tahap Pengumuman Hasil Interview dan Penandatanganan Kontrak Beasiswa Ikatan Dinas
Pengumuman hasil interview yang merupakan hasil seleksi final, sepenuhnya akan dilakukan oleh Pihak Perusahaan. Ada perusahaan yang melakukan interview ulangan atau interview kedua orang tua siswa sebelum pengumuman final dilakukan. Semuanya menjadi kewenangan pihak perusahaan. Nilai hasil seleksi final merupakan perpaduan antara nilai Tes tertulis dengan nilai hasil Interview.
Biasanya setelah pengumuman final dilakukan, dilanjutkan dengan penandatanganan Kontrak Ikatan Dinas antara perusahaan dengan siswa yang bersangkutan disaksikan orang tua. Tetapi bisa juga dilakukan pada saat siswa tersebut sudah berada di Kampus Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi.
 
I. BIAYA PERKULIAHAN
Setelah pihak perusahaan selesai melakukan seleksi calon mahasiswa yang akan diberikan beasiswa pendidikan di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, maka pihak politeknik akan mengirimkan Rincian Biaya Perkuliahan kepada perusahaan, sebagai berikut : 
 

Komponen Biaya 

Biaya per Semester untuk semua Program Studi (Rp) 

Total 

Sem 1 

Sem 2 

Sem 3 

Sem 4 

Sem 5 

Sem 6 

Biaya SPP 

6.500.000 

6.500.000 

6.500.000 

6.500.000 

6.500.000

6.500.000

39.000.000

Uang Gedung

7.500.000

-

-

-

-

-

7.500.000

Total

14.000.000

6.500.000

6.500.000

6.500.000

6.500.000

6.500.000

46.500.000

Catatan : 

- Biaya diatas sudah termasuk biaya praktikum.
- Untuk biaya pelaksanaan Wisuda akan ditentukan kemudian, menjelang pelaksanaan wisuda mahasiswa.

J. KONSEP UMUM IKATAN DINAS PERUSAHAAN
Bagi mahasiswa yang mendapatkan sponsor/Ikatan Dinas dari perusahaan, maka keseluruhan biaya perkuliahan (Biaya SPP, BPP dan uang Gedung) akan ditanggung oleh perusahaan pemberi sponsor, ditambah dengan biaya hidup mahasiswa/bulan yang besarnya tergantung kepada kebijakan perusahaan sponsor. Mahasiswa tersebut selepas kuliah harus siap bekerja di perusahaan sponsor minimal selama 2n +1 (n = masa studi) = 7 (tujuh) tahun.

K. LAIN-LAIN
Disamping siswa yang berasal dari daerah sekitar perusahaan, Politeknik Kelapa Sawit CWE juga melayani jika perusahaan bermaksud mengkombinasikan siswa sponsornya dengan siswa yang berasal dari Jawa Tengah atau dari daerah lainnya.

L. PENUTUP
Demikian panduan teknis Pelaksanaan Program CSR bidang pendidikan antara Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dengan perusahaan Kelapa Sawit kami buat, dengan harapan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

 





sawindo_kencana.png

anugerah.pngFlag Counterbuana.png




  • Barito
  • PT. Sawindo Kencana
  • PT. Hindoli (Cargill)
  • PT. Anugerah Energitama
  • PT. Bintang Harapan Desa
  • PT. Buana Karya Bhakti
Top
  • Follows us our servcies